- Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Kata logis (logika) merupakan kunci dalam algoritma.
- Langkah-langkah dalam algoritma harus logis, hasil algoritma harus dapat ditentukan bernilai benar atau salah.
- Langkah yang salah akan memberikan hasil yang salah.
- Algoritma mempunyai Awal (Initial State) dan Akhir (Final State)
- Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (Not Ambiguous)
- Memiliki Masukan (Input)
- Memiliki Keluaran (Output)
- Algoritma harus Efektif, bila diikuti benar-benar akan menyelesaikan Persoalan
Algoritma Dalam Kehidupan
- Algoritma dapat dikatakan jantung dalam ilmu komputer dan informatika.
- Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma.
- Selain itu algoritma juga dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Proses kerja yang
menggunakan bahasa sehari-hari yang nantinya akan dituangkan kedalam sistem
komputer.
- Program adalah rangkaian kata perintah yang di mengerti oleh komputer untuk menyelesaikan masalah. Kata- kata perintah tersebut membentuk suatu bahasa yang di sebut dengan bahasa pemrograman.
- Pemrograman adalah proses mengimplementasikan suatu masalah dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman.
- Bahasa pemrograman adalah Prosedur atau tata cara penulisan program.Contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,C++, dan lain sebagainya.
Ada dua jenis bahasa pemrograman
- Low level Language : berorientasi mesin (Assembly)
- High level Language : bahasa yang lebih dekat dengan manusia yang memiliki aturan-aturan yang mudah di pahami manusia. contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,borland C++,java, PHP,,,
Ada 2 cara dalam penyajian sebuah algoritma
pemrograman
- Tulisan melitputiGambar
- Teks algoritma ( model structured English )
- Pseudo-code (kode/tanda yg menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah)
- Bagan Alir ( Flow Chart) adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari data yang akan di proses dalam suatu progam menggunakan symbol-simbol.